Mengapa Tux Sebagai Logo

Ada cerita menarik yang menyebabkan TORVALDS menggunakan penguin sebagai logo dari sistem operasi Linux. Ketika TORVALDS sedang berjalan-jalan bersama ANDREW TRIDGELL (Penyusun Samba adalah sebuah program yang Membolehkan mesin Unix (termasuk Linux) berkomunikasi dengan Windows dalam sebuah jaringan. Tiba-tiba TORVALDS dipatok pinguin, dan semenjak itu dia mengalami demam selama berhari hari. Dia berpikir, bahawa karakter ini sesuai untuk mewakili Linux. Ia ingin pengunanya menjadi demam atau tergila-gila untuk menggunakan dan mengotak atikkan Linux. Dan ternyata, apa yang dibayangkannya menjadi kenyataan. Hampir setiap pengguna saat pertama kali berkenalan dengan Linux menjadi susah tidur, dan menghabiskan waktunya berjam-jam didepan komputer untuk bermain-main dengan Linux.

Visualisasi logonya dipaparkan kepada umum di perbincangan pada mailing list Linux Kernel. Pencetusnya adalah ALAN COX, dan logo terpilih diberi nama Tux, dibuat oleh LARRY EWING (http://www.isc.tamu.edu/lewing/linux).

Gambar 1 Tux, penguin logo Linux

Catatan :

Perspektif Torvalds tentang logo Linux dapat Anda baca di http://www.linux.org/info/penguin.html. Visualisasi logo lainnya dapat dilihat di http://www.solluna.org/higgins/linuxlogo/linux.html

0 comments: